Create Data,Validasi, dan Old Input

Assalamualaikum Wr. Wb


Halo, Kali ini saya akan Sharing tentang Create data, validasi atau menampilkan pesan error/berhasil, dan old input di Laravel.

Apa sih Fungsi Old itu ?

Old itu berfungsi untuk jika kita saat mengisi form ternyata ada yang salah atau terlewat, data yang sudah kita isi sebelumnya tidak akan hilang.

Kalau gitu kita langsung aja ke studi kasusnya.


1.Studi Kasus 1 

Nah, di studi kasus ini, saya diminta untuk membuat form kelas, dan cara membuatnya adalah sebagai berikut.

pertama-tama tentunya harus membuat form kelasnya di folder views.

nah dibawah ini adalah kodingan di file forKelas.blade.php

kodingan dibawah ini berfungsi untuk menampilkan pesan apabila terjadi kesalahan saat mengisi atau menambahkan data.Contohnya adalah ada data yang belum terisi. dan kodingannya adalah sebagai berikut.


dan nanti jadinya akan seperti ini.

Masih di file formKelas.blade.php kodingan dibawah ini adalah kodingan untuk form nya, ditulis dibawah kodingan untuk message/pesan error tadi. disini menggunakan old agar nanti apabila ada kesalahan saat mengisi data, data yang sebelumnya sudah diisi tidak akan hilang.


Lalu, kita buat route di file web.php di folder routes. route yang pertama adalah untuk fungsi create dan yang kedua adalah untuk fungsi store.


Fungsi create dibawah ini adalah untuk menampilkan form kelasnya.


dan yang ini adalah fungsi untuk insert data yang sudah diisi ke database, disini saya diminta untuk mengimplementasikan validasi selain numeric,string,dan max. Tapi validasi yang tadi masih tetap saya gunakan hanya saya tambahkan validasi lain. disini saya menambahkan validasi unique, validasi unique ini berfungsi agar tidak bisa ada data yang sama. Jadi nanti ketika kita menginputkan data yang sudah ada sebelumnya kita akan disuruh menginput data lagi.


Dan ini adalah hasilnya.


2.Studi Kasus 2

Disini saya harus menemukan bug dari koding yang diberikan oleh guru saya, menurut saya bug nya adalah NIS nya bisa duplicate, seharusnya NIS itu tidak bisa atau tidak boleh ada yang sama.

Bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut ?

caranya adalah sebagi berikut :


Kita hanya perlu menambahkan validasi unique di nis.

dan Hasilnya adalah seperti ini :

Jika NIS yang diinputkan sudah ada data nya di database maka akan keluar pesan seperti diatas

3.Studi Kasus 3

nah di studi kasus ke 3 ini saya diminta untuk mengimplementasikan old di radio button dan combo box, dan caranya adalah sebagai berikut


untuk mengimplementasikan old di radio button dan combo box caranya adalah menggunakan if ternary, untuk di radio button kita gunakan checked dan di combo box kita gunakan selected.

bentuk umum nya adalah condition ? expr1 : expr2

condition (atau conditions)
Sebuah ekspresi akan menguji apakah menghasilkan true atau false.


expr1expr2
Ekspresi yang akan dilakukan setelah kondisi terpenuhi.
Dan Hasilnya adalah :


Mungki segitu saja dari saya.

Terima Kasih dan Sampai Jumpa.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Framework Laravel, perbedaan pengunaan compact dengan tidak

CSS (Web Dasar)-P9